ISRA MIKRAJ 2024: RENUNGI DAN MAKNAI MOMENTUM ISRA MIRAJ SEBAGAI LANGKAH MENUJU PUNCAK KETAQWAAN

SMAN 1 Dampit – Momentum isra miraj diperingati oleh seluruh warga sekolah pada Selasa (06/02/2024). Perayaan ini sukses digelar di aula SMA Negeri 1 Dampit. Lantunan-lantunan sholawat yang dibawakan oleh BDI SMAN 1 Dampit menjadi pembuka dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang menambah nuansa islami kegiatan hari ini.

Dalam sambutannya, kepala SMA Negeri 1 Dampit, Ibu Syarifatur Rofiah, S.Pd menceritakan sejarah singkat mengenai isra miraj. “Isra Miraj adalah peristiwa penting dalam sejarah Islam yang menggambarkan perjalanan malam dan peningkatan spiritual Nabi Muhammad”, tuturnya.

Kemudian, Ustadz Soniful Hadi, S. Ag menambahkan bahwa dalam sejarah islam, Isra dan Mi’raj secara sederhana dibagi ke dalam dua peristiwa, yakni Isra dan Mi’raj. Isra dimaknai dengan perjalanan malam hari yang dilaksanakan oleh Rasulullah SAW dari Ka’bah (Makkah) menuju Baitul Maqdis (Yerusalam/Madinah). Sementara, Mi’raj dimaknai dengan kenaikan, di mana Allah SWT mengangkat Nabi Muhammad SAW dari Baitul Maqdis melewati langit ke-7 menuju Sidratul Muntaha. Peristiwa Mi’raj ini yang nantinya memunculkan adanya perintah sholat wajib 5 waktu bagi umat Islam.

Ustadz Soni pun menekankan bahwa peringatan Isra Miraj memiliki beberapa tujuan dalam konteks agama Islam. Pertama, untuk mengenang peristiwa Isra Miraj yang merupakan perjalanan malam Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa kemudian ke langit. Kedua, untuk menekankan kebesaran dan keajaiban Allah dalam perjalanan tersebut. Ketiga, sebagai momen untuk memperkuat keyakinan umat Muslim terhadap ajaran dan peristiwa yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Keempat, sebagai kesempatan untuk memperdalam pemahaman tentang kewajiban dan nilai-nilai Islam yang terkandung dalam peristiwa tersebut.

SHARE THIS POST

1 Comments Text
  • Siti Maftuha says:

    Semoga bisa meneladani sifat Rasulullah sebagaimana yang disampaikan oleh ustadz sonif

  • BERIKAN KOMENTAR TERBAIK ANDA

    Your email address will not be published. Required fields are marked *